Gedung Sekolah SMP N9 TANJUNGBALAI

Mencerdaskan Siswa/i Dengan Mengutamakan Akhlaq Serta Penguasaan Teknologi Informasi Dalam Nuansa Dedikasi Disipin yang Tinggi :

Photobucket

Minggu, 27 Maret 2011

BERHITUNG PANGKAT DENGAN CEPAT

Banyak manfaat dari belajar berhitung cepat. Salah satu manfaat terpenting adalah menjadi lebih kreatif. Orang yang memiliki banyak koleksi teknik berhitung cepat akan selalu terbuka pada ide-ide kreatif baru. Tokoh-tokoh besar dunia banyak yang menggemari permainan berhitung cepat :



Gauss, tokoh besar matematika, terkenal sebagai orang yang mengatakan:  ”Mathematic is queen of science. And queen of mathematic is arithmetic.” “Matematika adalah ratu ilmu pengetahuan. Dan ratu matematika adalah aritmetika.”. Gauss terkenal sebagai kalkulator berjalan – mesin hitung berjalan. Ia dapat melakukan perhitungan cepat hanya dalam kepala. Tanpa alat bantu apa pun. Gauss mengejutkan orang-orang di sekitarnya, bahkan gurunya, ketika menyelesaikan sebuah perhitungan hanya beberapa detik. Sementara orang-orang pada umumnya membutuhkan waktu lebih dari setengah jam.

Richard Feynman adalah peraih nobel fisika yang menggemaskan. Feynman memiliki hobi terus memainkan angka-angka. Ia dikenal juga sebagai kalkulator berjalan. Bahkan ia bisa menghitung nila log 2 sampai ketelitian 7 digit di belakang koma hanya dalam beberapa detik. Ketika ditanya oleh orang-orang bagaimana cara melakukannya, Feynman menjawab, ”Saya telah menghafalnya semalam.” Itulah gaya Feynman.

 Berikut ini contoh perhitungan yang disukai Feynman. 



542 = 2916
552 = 3025
562 = 3136
572 = … … …
582 = … … …
Cobalah mengisi titik-titik di atas degan menebaknya. Anda pasti bisa langsung menebaknya. Berhasil? Coba lagi yang ini:
592 = … … …
512 = 2601
522 = … … …
532 = … … …
Tentu kita dapat menghitungnya dengan cara seperti biasa. Kita juga dapat menyelesaikannya dengan kalkulator. Tetapi apa kreatifnya? Apa asyiknya? Begini cara asyiknya!
542 = 2916
29 kita peroleh dari 25 + 4
16 kita peroleh dari 42
562 = 3136
31 kita peroleh dari 25 + 6
36 kita peroleh dari 62
572 = 3249
32 kita peroleh dari 25 + 7
49 kita peroleh dari 72
 
Untuk siswa siswi kami yang akan malaksanakan UN SMP 2011 cara menghitung cepat seperti yang diatas tadi dapat kamu terapkan, disamping mempersingkat waktu juga dapat memberikan ketelitian untuk memeriksa kembali atas soal-soal yang telah selesai dikerjakan. Oc... Selamat Ujian. Ingat....! Ketelitian, Waktu Pengerjaan soal, Ketertiban saat ujian, dan konsentrasi untuk menjawab seluruh pertanyaan sangat mutlak kamu butuhkan dalam menempuh ujian ini nantinya.

Semoga Bermanfaat
          CS



2 komentar:

  1. Foto lokal kami mana pak...
    terutama siswa yang berprestasi

    from : Ika Sartika
    Kelas : III - A

    BalasHapus
  2. Nama: Akhirul Sifak
    kelas: IX-A

    menurut saya posting ini memeng bagus, tapi berhitung dengan cepat agak terlalu sulit bagi saya.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...