Gedung Sekolah SMP N9 TANJUNGBALAI

Mencerdaskan Siswa/i Dengan Mengutamakan Akhlaq Serta Penguasaan Teknologi Informasi Dalam Nuansa Dedikasi Disipin yang Tinggi :

Photobucket

Minggu, 20 Maret 2011

Komentar GURU CS Untuk Siswa SMP - N.9 Tanjungbalai

Tidaklah sepenuhnya salah , cuma keliru, inilah kata yang pantas kita berikan  guru-guru pada siswa-siswa kita yang kurang mendapat nilai bagus pada saat ujian, jika guru membuat strategi menghadapi ujian nasional hanya berdasarkan pengalaman tahun lalu dan mengasumsikan kemungkinan kemungkinan Ujian Nasional yang akan datang. Kita juga harus ingat bahwa karakter siswa setiap tahun itu berbeda. Komitmen antara Guru Bidang Studi dan Para siswa yang sangat Diperlukan. Tidak ada gunanya pendalaman materi yang dilakukan selama berbulan-bulan, jika para siswa melakukan hal itu tanpa kesadaran penuh akan tujuan UN akhir mereka: lulus dengan prestasi terbaik. Yang terjadi mungkin para siswa akan bosan dan jenuh. Para guru sia-sia mengorbankan waktu dan tenaga. Sekolah percuma menghabiskan biaya untuk pendalaman ini. Beberapa cara berikut ini dapat diperhatikan oleh beberapa sekolah sesuai kondisi sekolahnya masing-masing. cara ini mungkin cocok untuk sekolah Anda :  ( Maaf .... Tulisan ini Bukan Bersifat Menggurui )


1. Menganalisis SKL ( Standar Kompetensi Lulusan ) Jika sudah menerima SKL jangan langsung digandakan dan dibagi ke siswa, tentunya perlu dianalisis dulu, kita perlu maklumi bahwa pemahaman setiap siswa itu berbeda-beda, bahkan tak dipungkiri gurupun juga terkadang mengalami kesulitan dalam memahami SKL, apalagi guru yang baru dan belum berpengalaman. Yang jelas pengalaman sangat berarti dalam hal ini. 

2. Buatlah bank soal yang sesuai indikator-indikator SKL. Bank soal bisa di dapat melalui toko toko buku,arsip sekolah atau jika ingin yang gratis bisa berburu di Internet. Namun, akan tetap lebih baik jika guru sendiri yang menyusun bank soal itu. Sebab,bila guru sendiri yang menyusun soal bisa disusun secara sitematis berdasarkan hasil analisis SKL. Kelebihan yang lain, latihan-latihan yang diberikan guru pun bisa sistematis sesuai tuntutan SKL UN, sehingga dapat diketahui tuntutan SKL mana yang belum dikuasai siswa. Dengan kata lain daya serap siswa terhadap materi Ujian Nasional bisa dipantau. 

3. Melaksanakan try out. Kebiasaan sekolah melaksanakan try out lebih dari 2 kali,bahkan ada juga yang sampai 5 kali try out. Siswa terus digodok dengan suguhan-suguhan soal ujian nasional yang terkadang membikin siswa stress alias jenuh, bagaimana tidak jenuh orang setiap mendapat soal try out soal nya hanya itu-itu saja, tidak sedikit pula soal –soal try out itu hanya menggunakan soal-soal tahun-tahun sebelumnya, dengan alasan karena guru sibuklah, tata usaha yang kebanyakan pekerjaan sehingga tidak punya banyak waktu untuk mengetik soal-lah, dsb. Tetapi soal- soal try out sebaiknya disusun berdasarkan tuntutan indikator SKL secara keseluruhan.Hal ini dimaksudkan agar peningkatan ketuntasan setiap kompetensi siswa dapat terwujud. Dan perlu di ingat jangan menjejali soal try out dalam waktu terlalu dekat dengan pelaksanaan Ujian Nasional 

4. Perlu melaksanakan pendalaman materi UN Kita sadari sebenarnya SKL itu belum tuntas, materi yang belum tuntas inilah yang menjadi bahan untuk pendalaman materi UN. Guru tidak perlu bingung mencari materi pendalaman.Dengan demikian target kita akan lebih jelas. Bagaimana apakah trik ini berarti bagi anda......?!

Semoga Bermanfaat
          CS

9 komentar:

  1. nama : Bambang Pratikto
    kelas : IX-A

    komentar saya :

    menurut saya komentar guru - guru yang memberikan nilai kepada siswa yang kurang mendapat nilai bagus, itu sangat membantu siswa

    BalasHapus
  2. Nama: Misbah hasibuan
    Kelas: IX-B
    Komentar saya:
    menurut saya komentar GURU CS kepada siswa-siswa SMP-N.9 sangat bagus. Akan tetapi kalau bisa buat menjadi lebih bagus lagi.

    BalasHapus
  3. nama : Mahyar Rahman
    Kelas : IX-A
    komentar saya

    menurut saya bapak ibu yang memberikan nilai kepada murid yang kurang mampu untuk ujian nasional, sangat lah membantu supaya murid tersebut sadar akan bantuan yang di berikan supaya lebih giat lagi belajar.

    BalasHapus
  4. nama : Mahyar Rahman
    Kelas : IX-A
    komentar saya

    bapak dan ibu yang memerikan nilai kepada siswa yang kurang mendapat kan nilai yang belum sempurna, karena dengan ibu memerikan nilai tersebut siswa tidak akan berputus asa lagi belajar.

    BalasHapus
  5. nama : M.indra Sofyan
    Kelas : IX-A
    Komentar Saya

    komentar saya untuk para guru harap lebih membantu nilai kepada siswa yang kurang mendapat kan nilai yang kurang baik, agar siswa - siswa dapat melaksanakan pendidikan yang lebih tinggi

    BalasHapus
  6. nama : Herwin Syah
    Kelas : IX-A

    komentar saya :

    menurut saya,kalau bisa membuat try out jangan lah terlalu berulang-ulang karena itu akan menyebabkan siswa menjadi jenuh dan malas belajar

    BalasHapus
  7. nama : Riady Ananda
    Kels : IX-A

    komentar saya,

    menurut saya, guru-guru untuk memahami siswa dalam mengahadapi un janganlah terlalu serius karena percuma kalau guru guru menerangkan materi tersebut siswa tersebut mereka akan tidak mau mendengarkan

    BalasHapus
  8. mnurut sya guru hrus mmberi 1 cth yg baik untk murid nya spya murid dpt sadar

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...