Gedung Sekolah SMP N9 TANJUNGBALAI

Mencerdaskan Siswa/i Dengan Mengutamakan Akhlaq Serta Penguasaan Teknologi Informasi Dalam Nuansa Dedikasi Disipin yang Tinggi :

Photobucket

Sabtu, 18 Juni 2011

EVALUASI DAN MAKNANYA

Evaluasi adalah suatu proses pengumpulan data untuk menentukan sejauh mana tujuan pendidikan sudah tercapai (menilai sejauh mana siswa dalam mencapai pelajaran yang diberikan) dan alat yang digunakan untuk mencapai ketuntasan tersebut, Guru/tim pendidik harus mampu menguasai dan mendalami materi pembelajaran yang disampaikan kepada siswa.

Tentu saja hal ini mendapat tantangan yang cukup keras, walaupun Guru sudah mendalami dan menguasai materi, hal ini belumlah cukup menjadi patokan proses pembelajaran terhadap siswa akan berhasil, Guru dituntut kembali untuk menciptakan suasana pembelajaran (ruang kelas) dalam kondisi sepenuhnya terfokus pada pelajaran yang disampaikan, seluruh penjelasan materi pelajaran diterima dan melekat dalam ingatan siswa hingga pada akhirnya evaluasi dilakukan siswa dapat memberi jawaban yang benar.

Untuk menciptakan proses pembelajan di ruang kelas agar siswa dapat mengikuti secara keseluruhan proses pembelajaran Guru harus menguasai metode penyampaian materi.
Makna apakah yang terkandung dalam evaluasi?
MAKNA BAGI SISWA
1. Siswa dapat mengetahui sejauh mana ia dapat menerima pelajaran yang disampaikan oleh Guru 
    (Kemungkinan memuaskan dan tidak memuaskan).
MAKNA BAGI GURU
1. Guru mengetahui siswa berhasil/tidak dalam pelajaran yang diberikannya 
2. Guru akan mengetahui apakah materi yang diajarkannya sudah sesuai atau tidak (materi sesuai dengan 
    tingkatan pengetahuan anak)
3. Guru akan mengetahui apakah metode/strategi dalam pembelajaran sudah tepat atau belum,
     - Sumber belajar harus dari beberapa sumber
     - Media
     - Metode
     - Strategi
Dalam hal ini anak didik harus aktif/siap keadaan jiwa dan mentalnya dalam menerima pelajaran.

MAKNA BAGI SEKOLAH
1. Dengan penilaian yang ada,diketahui apakah kondisi belajar yang diciptakan oleh sekolah sudah sesuai 
    dengan harapan atau belum.hasil belajar merupakan cermin kualitas suatu sekolah.
2. Informasi dari Guru tentang tepat atau tidaknya kurikulum sekolah dapat merupakan bahan pertimbangan
    bagi perencanaan  sekolah untnk massa yang akan datang.
3. Iinformasi hasil penilaian yang diperoleh dari tahun ketahun dipergunakan sebagai pedoman bagi 
    sekolah,sudah memenuhi standar/belum.

Sekian Semoga Bermanfaat
Custom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...