Gedung Sekolah SMP N9 TANJUNGBALAI

Mencerdaskan Siswa/i Dengan Mengutamakan Akhlaq Serta Penguasaan Teknologi Informasi Dalam Nuansa Dedikasi Disipin yang Tinggi :

Photobucket

Jumat, 30 September 2011

GUNAKAN METODE PENDIDIKAN BERLANDASKAN AQIDAH DAN AKHLAK

Undang-undang No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen mengamanatkan bahwa Guru mempunyai kedudukan sebagai tenaga profesional pada jenjang pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan anak usia dini, pada jalur pendidikan formal yang diangkat sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Dalam keprofesionalan seorang guru, guru dituntut untuk aktif dan kreatif dalam pengembangan nilai-niali pendidikan, yang pada akhirnya hasil pendidikan yang dirterima oleh siswa-siswinya dapat dijadikan bekal hidup mereka dalam kehidupan.

Bertindak dalam pelaksanaan harian keprofesionalan guru, guru harus dapat menciptakan metode dan langkah-langkah kongrit untuk memotivasi siswa agar dapat mengikuti pendidikan, memahami makna-makna yang terkandung dalam pendidikan serta pengaplikasian pembelajaran yang diberikan dalam wujud yang positif.

Guru dituntut dapat menciptakan suasana yang begitu kondusif dan seefektif mungkin mentranfer nilai - nilai didik pada siswanya terlebih-lebih lagi dalam etika dan norma-norma susila. Hal ini jelas membawa dampak yang signifikan dalam kehidupan siswa, karena walaupun seorang guru menggunakan metode secanggih apa pun jika tidak dibarengi dengan norma-norma susila niscaya si anak didik akan membuah kan hasil yang kurang sempurna, nantinya di khawatirkan ilmu yang disampaikan akan dapat membawa kejelekan dalam pengaplikasian nya, untuk menghindari hal yang demikian etika dan norma dalam jiwa anak didik mutlak harus ditempah dan dibina, semua ini untuk bekalnya dikemudian hari.

Demikian lah suatu pikiran yang terlintas di pikiran ku. Apa jadinya ilmu yang kuberikan ini jika nantinya ilmu ini akan dapat membawa dampak negatif di kehidupan siswa-siswi ku.
Dari itu kita guru wajib dan harus menciptakan metode pendidikan yang dilatar belakangi oleh nilai nilai susila dan akhlaqul qarimah.Kita hendaknya jangan terlalu larut dalam metode yang menyenangkan siswa dan menilai keaktipannya saja melainkan kita juga harus menilai apakah senang yang dimilikinya mempunyai nilai takut salah menurut agamanya atau keaktifan yang dilaksanakannya sesuai dengan ajaran sunah rasulya...?.
Untuk hal ini kita senantiasa lalai, kita menganggap siswa itu sudah tuntas jika ia aktif mengikuti pelajaran dan karena ia menyelesaikan tugas-tugasnya saja..... Bukan dan Tidak cukup hanya dengan itu.... Baiklah Sahabat pembaca... mari kita bersama menyampaikan nilai-nilai pendidikan pada siswa-siswi kita dengan memperhatikan etika dan akhlaqnya dalam belajar.

sehingga dapat kita simpulkan bahwa Keberhasilan menanamkan nilai-nilai rohaniah (keimanan dan ketakwaan pada Allah swt.) dalam diri peserta didik, terkait dengan satu faktor dari sistem pendidikan, yaitu metode pendidikan yang dipergunakan pendidik dalam menyampaikan pesan-pesan ilahiyah, sebab dengan metode yang tepat, materi pelajaran akan dengan mudah dikuasai peserta didik. Dalam pendidikan Islam, perlu dipergunakan metode pendidikan yang dapat melakukan pendekatan menyeluruh terhadap manusia, meliputi dimensi jasmani dan rohani (lahiriah dan batiniah), walaupun tidak ada satu jenis metode pendidikan yang paling sesuai mencapai tujuan dengan semua keadaan. Sebaik apapun tujuan pendidikan, jika tidak didukung oleh metode yang tepat, tujuan tersebut sangat sulit untuk dapat tercapai dengan baik. Sebuah metode akan mempengaruhi sampai tidaknya suatu informasi secara lengkap atau tidak. Bahkan sering disebutkan cara atau metode kadang lebih penting daripada materi itu sendiri. Oleh sebab itu pemilihan metode pendidikan harus dilakukan secara cermat, disesuaikan dengan berbagai faktor terkait, sehingga hasil pendidikan dapat memuaskan. 

Semoga bermanfaat
Custom
Guru SMP N9 Tanjungbalai

1 komentar:

  1. Pembenahan Ahklah justru sekarang ini sangat diperlukan,mumpung masih disuia dini.akhlak yang baik adalah mencerminkan citra sekolah itu sendiri.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...