Gedung Sekolah SMP N9 TANJUNGBALAI

Mencerdaskan Siswa/i Dengan Mengutamakan Akhlaq Serta Penguasaan Teknologi Informasi Dalam Nuansa Dedikasi Disipin yang Tinggi :

Photobucket

Kamis, 13 September 2012

ADIWIYATA MENURUT SMP N9

Gambaran Umum Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) di Indonesia

Pada awalnya penyelenggaraan PLH di Indonesia dilakukan oleh Institiut Keguruan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta pada tahun 1975. Pada tahun 1996 disepakati kerja sama pertama antara Departemen Pendidikan Nasional dan Kementerian Lingkungan Hidup, yang diperbaharui pada tahun 2005 dan tahun 2010. sebagai tindak lanjut dari kesepakatan tahun 2005, pada 2006 Kementerian Lingkungan Hidup mengembangkan program pendidikan Lingkungan Hidup pada jenjang pendidikan dasar dan menengah melalui program ADIWIYATA. Program ini dilaksanakan di 10 sekolahdi Pulau Jawa sebagai sekolah model dengan melibatkan perguruan tinggi dan LSM yang bergerak dibidang Pendidikan Lingkungan Hidup.

Diharapkan dengan melaksanakan program ADIWIYATA akan menciptakan warga sekolah, khususnya peserta didik yang peduli dan berbudaya lingkungan, sekaligus mendukung dan mewujudkan sumberdaya manusia yang memiliki karakter bangsa terhadap perkembangan ekonomi, sosial, dan lingkungannya dalam mencapai perkembangan berkelanjutan di daerah.

PENGERTIAN DAN TUJUAN ADIWIYATA
ADIWIYATA mempunyai pengertian atau makna sebagai tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita dan menuju kepada cita-cita pembangunan berkelanjutan.

Tujuan program ADIWIYATA adalah mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.

PRINSIP-PRINSIP DASAR PROGRAM ADIWIYATA
Pelaksanaan Program ADIWIYATA diletakkan pada dua prinsip dasar berikut ini:
1. Partisipatif : Komunitas sekolah teribat dalam manajemen sekolah yang meliputi keseluruhan proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sesuai tanggungjawab dan peran.
2. Berkelanjutan : Seluruh kegiatan harus dilakukan secara terencana dan terus menerus secara komprehensif.

KOMPONEN ADIWIYATA
Untuk mencapai tujuan program ADIWIYATA, maka ditetapkan 4 (empat) komponen program yang menjadi suatu kesatuan utuh dalam mencapai sekolah ADIWIYATA antara lain :
1. Kebijakan Berwawasan Lingkungan
2. Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Lingkungan
3. Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif
4. Pengelolaan Sarana Pendukung Ramah Lingkungan

semoga dengan berbagai point-point diatas bagi sekolah yang akan melangsungkan program Pendidikan Lingkungan Hidup mendapat beberapa masukan.

Semoga Bermanfaat
Admin
CS


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...