Gedung Sekolah SMP N9 TANJUNGBALAI

Mencerdaskan Siswa/i Dengan Mengutamakan Akhlaq Serta Penguasaan Teknologi Informasi Dalam Nuansa Dedikasi Disipin yang Tinggi :

Photobucket

Jumat, 28 Desember 2012

PEMBERDAYAAN DISIPLIN DILINGKUNGAN SMP N9 TANJUNGBALAI

Rapat Rutin SMP N9 semester 1 (pertama) 27/12/2012,  dipimpin langsung oleh Bapak Kepala Sekolah Fitriandy S.SAg. Dalam rapat beliau memberikan arahan dan bimbingan tentang pentingnya disiplin yang maksimal di lingkungan SMP N9, hal ini sejalan dengan fungsi dan kewajiban bersama seluruh lini yang terkait di lingkungan SMP N9 tanjungbalai. 
Merunut dari makna disiplin tersebut beliau menjabarkan makna disiplin sebagaimana Disiplin mempunyai makna yang luas dan berbeda – beda, oleh karena itu disiplin mempunyai berbagai macam pengertian. 

Pengertian tentang disiplin telah banyak di definisikan dalam berbagai versi oleh para ahli. Ahli yang satu mempunyai batasan lain apabila dibandingkan dengan ahli lainnya.
Definisi pertama yang berhubungan dengan disiplin diantaranya seperti yang dikemukakan oleh Andi Rasdiyanah (1995 : 28) yaitu kepatuhan untuk menghormati dan melaksanakan suatu system yang mengharuskan orang untuk tunduk pada keputusan, perintah atau peraturan yang berlaku.
Dengan kata lain, disiplin adalah kepatuhan mentaati peraturan dan ketentuan yang telah ditetapkan.
Sedangkan Depdiknas (1992 : 3) disiplin adalah :
“ Tingkat konsistensi dan konsekuen seseorang terhadap suatu komitmen atau kesepakatan bersama yang berhubungan dengan tujuan yang akan dicapai waktu dan proses pelaksanaan suatu kegiatan”.
Seirama dengan pendapat tersebut diatas, Hurlock (1978 : 82) mengemukakan pendapatnya tentang disiplin tersebut :
“ Disiplin merupakan cara masyarakat mengajar anak berperilaku moral yang
disetujui kelompok”.
Dari berbagai macam pendapat tentang definisi disiplin diatas, dapat diketahui bahwa disiplin merupakan suatu sikap moral siswa yang terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai – nilai ketaatan, kepatuhan, keteraturan dan ketertiban berdasarkan acuan nilai moral.
Siswa yang memiliki disiplin akan menunjukkan ketaatan, dan keteraturan terhadap perannya sebagai seorang pelajar yaitu belajar secara terarah dan teratur. Dengan demikian siswa yang berdisiplin akan lebih
mampu mengarahkan dan mengendalikan perilakunya. Disiplin memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia terutama siswa dalam hal belajar. Disiplin akan memudahkan siswa dalam belajar secara terarah dan teratur. Hanya saja untuk beberapa kondisi yang dapat membuat kita / para guru harus berhati - hati, ialah bilama terdapat pelanggaran disiplin yang dilakukan para siswa, Bapak Kepala Sekolah menegaskan bahwa jangan semena-mena untuk melakukan hukuman yang bersifat kekerasan (penyampaian pukulan tanggan). Beliau berpendapat mereka (siswa/siswi) ini adalah harapan bangsa kita, jangan kita memberikan tauladan kekerasan karena bekas bekas dari hukuman kekerasan ini dapat membuat dia jadi lebih tidak terkendali. Gunakanlah intelegensi kita untuk meraih mereka agar tetap mentaati kedisiplinan.
Semoga dengan penerapan disiplin yang maksimal di jajaran SMP N9. Kita dapat meraih keberhasilan yang  memuaskan dari anak-anak didik kita. Amin.

Sekian
Admin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...