Gedung Sekolah SMP N9 TANJUNGBALAI

Mencerdaskan Siswa/i Dengan Mengutamakan Akhlaq Serta Penguasaan Teknologi Informasi Dalam Nuansa Dedikasi Disipin yang Tinggi :

Photobucket

Senin, 16 September 2013

Program Tamanisasi Sekolah SMPN9 Tanjungbalai

10 Januari, Selamat Hari Sejuta Pohon Sedunia

Menurut Pemahaman pelajaran Biologi yang kita pelajari pohon dapat menghasilkan  CO2 di udara dan dapat menahan laju air sehingga akan lebih banyak yang terserap ke dalam tanah.

hutan,pohon,matahari
Setiap tanggal 10 Januari, masyarakat dunia merayakan hari sejuta pohon sedunia. Meski tidak banyak selebrasi yang digelar, penting untuk mengetahui kelestarian pohon yang bermanfaat banyak bagi manusia.
Pohon, batang hidup dengan juntaian daun hijau, dan memiliki proses fotosintesis yang mengagumkan, menjadi komponen alam penting bagi manusia dan hewan. Pohon diketahui dapat mengurangi kadar CO2 di udara dan menghasilkan O2. Pohon juga dapat menahan laju air sehingga akan lebih banyak yang terserap ke dalam tanah.
Menurut penelitian, tegakan hutan yang berdaun jarum mampu membuat 60 persen air hujan terserap tanah. Bahkan tegakan hutan yang berdaun lebar mampu membuat 80 persen air hujan terserap tanah. Dengan kemampuan ini akan meningkatkan cadangan air tanah yang berujung pada kesejahteraan manusia.
Pemerintah Indonesia mulai menerapkan kebijakan soal kelestarian pohon melalui gerakan Satu Miliar Pohon. Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan dalam Hari Menanam Pohon Indonesia di kawasan hutan komplek Bandara Soekarno Hatta, November silam, menyatakan, penanaman pohon dari Januari hingga Oktober 2012 telah mencapai 732 juta pohon. Atau sudah memenuhi 70 persen dari target satu miliar batang.
Untuk menanggapi sifat positif dari semua ini Bidang kurikulum SMP N9 membuat suatu rancangan kegiatan yang tertuang dalam program pendidikan sekolah. dimana setiap tanggal 10 Januari ini direncanakan akan diadakan kegiatan penanaman pohon hias di sekolah mu. program ini disebut progam Tamanisasi sekolah (Shool in The Park Project).

by. Cs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...