Gedung Sekolah SMP N9 TANJUNGBALAI

Mencerdaskan Siswa/i Dengan Mengutamakan Akhlaq Serta Penguasaan Teknologi Informasi Dalam Nuansa Dedikasi Disipin yang Tinggi :

Photobucket

Senin, 09 September 2013

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

Dalam menentukan KKM telah mempertimbangkan beberapa faktor antara lain:     
1)    Kompleksitas kompetensi dasar
2)    Kemampuan sumber daya pendukung yang meliputi: warga sekolah dan sarana prasaran dalam penyelenggaraan pembelajaran.
3)    Kemampuan rata-rata peserta didik
Langkah-langkah dalam menentukan KKM
1. Menghitung jumlah Kompetensi Dasar (KD) setiap mata pelajaran setiap kelas
2.   Menentukan nilai setiap faktor sesuai kemampuan masing-masing
a) Faktor kompleksitas Kompetensi Dasar.
Semakin sukar suatu Kompetensi Dasar maka nilai batas minimal ketuntasan yang ditentukan semakin kecil, sebaliknya semakin mudah sebuah Kompetensi Dasar maka nilai batas minimal ketuntasan yang ditentukan semaikn besar
b) Aspek sumber daya dukung misalnya unsur pendidik dan sarana prasarana.
Semakin tinggi sumber daya dukung, maka semakin tinggi nilai batas minimal ketuntasan yang ditentukan dan sebaliknya
c) Aspek intake (potensi awal siswa)
Semakin tinggi kemampuan awal siswa, maka semakin tinggi nilai batas minimal ketuntasan yang ditentukan.
3.   Menghitung KKM setiap Kompetensi Dasar
Cara menghitung KKM setiap KD adalah menghitung rata-rata nilai dari ketiga aspek yang telah ditentukan pada setiap KD. Caranya yaitu menjumlah nilai ketiga aspek kemudian dibagi tiga. Berhubung aspek sumber daya pendukung terdiri dari 2 aspek yaitu aspek pendidik dan aspek sarana prasarana maka cara menghitung KKM setiap KD adalah jumlah nilai keempat aspek dibagi empat.
4.   Menghitung KKM setiap Mata Pelajaran
KKM mata pelajaran setiap semester diperoleh dari jumlah KKM KD dibagi jumlah KD  dalam semester bersangkutan.
 
Cs.
Dari Berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...