Gedung Sekolah SMP N9 TANJUNGBALAI

Mencerdaskan Siswa/i Dengan Mengutamakan Akhlaq Serta Penguasaan Teknologi Informasi Dalam Nuansa Dedikasi Disipin yang Tinggi :

Photobucket

Kamis, 05 September 2013

Sam’iyat

Assalamualaikum wr.wb
Alhamdulillah ,akhirnya selesai tulisan yang membahas Religi ini . Semoga anak-anak didik kami dapat membaca dan memanfaatkan sebaik-baiknya atas isi dari tulisan ini.
Sam’iyat adalah suatu hal yang wajib kita percayai. Hal itu ialah segala yang kita dengar dari berita Rosul-rosul tentang masa yang akan datang. Adapun masa atau jaman hidup manusia itu terbagi atas 8 masa :
  • Mati.
                Mati, ialah keluarnya ruh dari badan kita, Ruh atau nyawa itu, dicabut oleh Malaikat ‘Izroil. Keluarnya ruh itu amat sakit, kecuali bagi orang Iman dan beramal Saleh. Dalam Firman Allah swt. :
Artinya : tiap yang bernyawa merasai mati. (QS. Al-Imron ayat 185).
  • Pertanyaan didalam Qubur.
                Didalam Qubur kita akan ditanya oleh dua Malaikat yaitu Munkar dan Nakir, tentang segala pekerjaan atau amal selama hidup didunia, kita ditanya tentang ke manan dan Amal Saleh. Kita akan ditanya sesudah orang yang mengantarkan pulang kerumahnya.
  • Siksa dan karunia didalam Qubur
                Siapa yang tidak bisa menjawab pertanyaan didalam Qubur, maka dia akan mendapat siksaan Qubur. Dan siapa yang bisa menjawab pertanyaan didalam Qubur, maka dia akan mendapatkan kesenangan dan ni’mat yang di kirim dari Sorga, hingga Qiyamat.
  • Hari kebangkitan
                Hari kebangkitan ialah hari bangunnya segala mahluq yang bernyawa yang telah mati. Kembali hidup lagi seperti keadaan didunia. Di alam ini manusia hidup kekal dan abadi tidak akan mati lagi. Manusia di waktu itu di kumpulkan di padang Mahsyar. Adapun tingkah dan lakunya, ada yang senang ada yang susah payah, terserah bagaimana amal perbuatannya waktu didunia.
  • Perhitungan Amal / Hisaban.
                Hisaban adalah perhitungan amal. Tak ada seseorang yang mungkin, karena ada catatan dari Roqib dan Atid. Dan seluruh anggota tubuh kita akan menjadi saksi. Dan perhitungan itu akan teliti dan adil, dihadapan mahkamah Allah yang Maha Agung, untuk menentukan pembalasan.
  • Timbangan
                Timbangan ialah untuk menimbang amal baik dan amal yang buruk, bila timbangan sebelah kanan, yaitu timbangan amal baik, lebih berat dari timbangan amal jahat, sebelah kiri, maka itui menandakan orang baik dan akan di tempatkan di Syurga. Tetapi sebaiknya, maka orang itu celaka dan akan dimasukkan kedalam Neraka.
  • Shirot / Jembatan
Sebelum manusia dimasukkan ke Syurga, maka akan melewati dulu jembatan, jembatan menurut para Ulama mengatakan, panjangnya 300 tahun perjalanan menurut sebagian Ulama jembatan ini lebih lembut dari pada rambut, di bawah jembatan yaitu Neraka. Tetapi bagi orang membawa Amal saleh jembatan ini besar seperti jalan raya saja, jadi terserah amalnya masing-masing.
  • Haodl / Telaga
                Telaga ini letaknya di pinggir Syurga, airnya lebih manis daripada madu, dan lebih jernih daripada susu, siapa orang minum dalam telaga itu, dia tidak akan haus lagi selama-lamanya. Telaga ini dinamai, Al-Kautsar.
  • Syapa’at / Pertolongan
                Nabi yang diberi ijin oleh Allah diberi Syafaat yaitu Nabi Muhammad S.A.W. beliau memohon kepada Allah agar umat beliau diberi keringanan. Permohonan inilah yang disebut syapa’at. Tetapi syapa’at ini berlaku untuk Umat Nabi Muhammad saw, karena beliau sudah berjanji.
  • Syurga
                Syurga adalah tempat segala keni’matan dan kesenangan yang belum pernah terpikir dan diketahui oleh manusia, di dunia Syurga ini husus untuk orang-orang yang ber Iman dan ber Amal Saleh, mereka hidup kekal abadi, tak akan ada kematian.
                Syurga itu ada 7 : Syurga Adni, Syurga Na’iim, Syurga Huluud, Syurga Ma’wa, Syurga Darussalam, Syurga Darulqorur, Syurga Darulabrar.
  • Neraka
                Neraka adalah tempat kesengsaraan dan siksaan yang tak terhingga, yang rasanya tak sanggup kita menanggungnya. Yang menjaganya itu Malaikat Malik mukanya selalu merengut dan tidak pernah tertawa, hanya sekali dia tersenyum, yaitu ketika berjumpa dengan Nabi Muhammad saw.
                Neraka terbagi menjadi 7 : Neraka Jahannam, Neraka Ladlo, Neraka Huthomah, Neraka Sa’ir, Neraka Saqor, Neraka Jahiim, Neraka Hawiyah.
  • Lauhul Mahpudl
                Lauhul mahpudl yaitu tempat tulisan yang selalu dijaga oleh Malaikat. Disana tertulis segala sabda dan ketentuan yang telah ditetapkan Allah atas mahluknya.
  • Muzizat adalah suatu hal yang keluar dari kebiasaan yang dikaruniakan oleh Allah kepada Rosul-rosul, sebagai pertolongan Allah kepadanya; untuk membuktikan kebenaran mereka sebagai Rosul Allah.
Wassalamualaikum wr.wb

Cs
(dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...